Faktor yang Mempengaruhi Modal Kerja

Faktor yang Mempengaruhi Modal Kerja :
Menurut Ridwan S. Sundjaja dan Inge Berlian (2002; 157) besarnya modal kerja yang dibutuhkan suatu perusahaan tergantung pada beberapa hal, yaitu  :

1.Besar kecilnya skala usaha perusahaan
Kebutuhan modal  kerja pada perusahaan besar berbeda dengan perusahaan kecil.  Hal ini terjadi karena beberapa alasan. Perusahaan besar mempunyai  keuntungan akibat  lebih luasnya sumber pembiayaan yang tersedia dibandingkan dengan  perusahaan  kecil yang sangat tergantung pada beberapa sumber saja. Pada  perusahaan  kecil,  tidak tertagihnya beberapa piutang para langganan sangat mempengaruhi  unsur-unsur  modal  kerja lainnya seperti kas dan persediaan.

2.Aktivitas perusahaan
Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tidak mempunyai persediaan barang dagangan, sedangkan perusahaan yang menjual persediaannya secara tunai tidak memiliki piutang dagang.

3.Volume penjualan
Volume penjualan merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi kebutuhan modal kerja. Bila penjualan meningkat maka kebutuhan modal kerjapun akan meningkat demikian pula sebaliknya.

4.Perkembangan teknologi
Kemajuan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan produksi akan mempengaruhi kebutuhan modal kerja. Otomatisasi yang mengakibatkan proses produksi yang lebih cepat membutuhkan persediaan bahan baku yang lebih banyak agar kapasitas maksimum dapat tercapai, selain itu akan membuat perusahaan mempunyai persediaan barang jadi dalam jumlah yang lebih banyak pula bila tidak diimbangi dengan pertambahan penjualan yang besar.

5.Sikap perusahaan terhadap likuiditas dan  profitabilitas
Adanya biaya dari semua dana yang digunakan perusahaan akan mengakibatkan jumlah modal kerja relatif besar mempunyai kecenderungan untuk mengurangi laba perusahaan, tetapi dengan menahan uang kas dan persediaan barang yang lebih besar akan membuat perusahaan lebih mampu untuk membayar transaksi yang dilakukan dan risiko kehilangan pelanggan tidak terjadi karena perusahaan mempunyai persediaan barang yang cukup.

Demikian artikel Faktor yang Mempengaruhi Modal Kerja, semoga bermanfaat.
Sering Di Baca :  Konsep Modal Kerja

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: