Kelebihan dan Kelemahan Traditional Costing Method

Kelebihan dan Kelemahan Traditional Costing Method atau perhitungan biaya tradisional :

 

Kelebihan dan Kelemahan Traditional Costing Method

Kelebihan perhitungan biaya tradisional menurut Horngern (2005:42) adalah:

  1. Sistem perhitungan biaya tradisional mudah diterapkan karena sistem ini lebih sederhana maka lebih mudah dimengerti oleh pekerja sehingga mudah diterapkan.
  2. Memberikan laporan manajemen dengan menunjukan biaya yang dikeluarkan.
  3. Sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Kelemahan sistem biaya tradisional menurut Carter dan Usry (2006:513-515) adalah sebagai berikut:

  1. Oleh karena sistem akuntansi biaya tradisional didesain untuk perusahaan manufaktur, perusahaan jasa dan dagang tidak dapat memanfaatkan akuntansi biaya untuk merencanakan dan mengimplementasikan program pengurangan biaya dan perhitungan object cost secara akurat.
  2. Oleh karena fokus biaya tradisional adalah hanya pada biaya produksi, biaya-biaya di luar produksi (seperti biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum) yang mulai signifikan jumlahnya tidak mendapatkan perhatian yang memadai dari manajemen.
  3. Oleh karena akuntansi biaya tardisional pada penyediaan informasi biaya bagi pihak luar perusahaan, manajemen tidak memperoleh informasi biaya untuk pengelolaan perusahaan dan informasi tentang biaya produk yang akurat.
  4. Oleh karena pengendalian biaya melalui sistem biaya standar hanya difokuskan terhadap biaya produksi, lebih spesifik lagi terhadap biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung, sistem pengendalian biaya seperti tidak baik untuk perusahaan yang memiliki biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung yang proporsinya tidak signifikan dibandingkan dengan total biaya pembuatan produk.
  5. Pengaitan biaya dengan responsive manager dan pembandingan biaya sesungguhnya dengan biaya yang dianggarkan per pusat pertanggung jawaban, serta analisis terhadap penyimpangan biaya yang terjadi tidak dapat menunjukkan penyebab terjadinya penyimpangan biaya yang terjadi.
  6. Akuntansi biaya tradisional menggunakan allocation intensive dalam memperlakukan overhead pabrik sehingga cost produk yang dihasilkan tidak akurat, karena alokasi menggunakan dasar yang sembarang.
  7. Dalam lingkungan bisnis di dalamnya customer dominan, biaya-biaya  yang menjadi pilihan customer menjadi meningkat, seperti biaya set up mesin karena semakin pemilihnya sifat customer.
Sering Di Baca :  Pengertian Pendidikan dan Pelatihan

Kelemahan traditional costing method menurut Garrison and Noreen (2006:442-443):

  1. Untuk biaya nonproduksi, akuntansi biaya tradisional  hanya membebankan ke produk. Beban penjualan, umum dan administrasi diperlakukan sebagai beban periodik dan tidak dibebankan ke produk.
  2. Untuk biaya produksi dan perhitungan biaya berdasarkan proses, akuntansi tradisional membebankan semua biaya produksi ke produk, bahkan biaya produksi yang tidak disebabkan oleh produk. Sebagai contoh, sebagian upah untuk keamanan pabrik akan dialokasikan ke produk meskipun upah penjaga keamanan tersebut sama sekali tidak terpengaruh apakah perusahaan berproduksi atau tidak.
  3. Untuk biaya kapasitas tak terpakai, akuntansi biaya tradisional menghitung tarif overhead yang ditentukan di muka dihitung dengan membagi anggaran biaya overhead dengan ukuran aktivitas yang  dianggarkan  seperti jam kerja langsung.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tradisional costing method memang lebih mudah diterapkan dan sesuai dengan pronsip akuntansi yang berlaku umum, namun akuntansi tradisional membebankan semua biaya produksi ke produk, bahkan biaya produksi yang tidak disebabkan oleh produk yang pada akhirnya menyebabkan terdistorsinya biaya.

Demikian Kelebihan dan Kelemahan Traditional Costing Method atau perhitungan biaya tradisional, semoga bermanfaat.

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: