Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli

Pengertian akuntansi biaya menurut ahli :

Pengertian akuntansi biaya menurut Mulyadi (2005:7) adalah “akuntansi biaya sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa dengan cara-cara tertentu serta penafsiran-penafsiran terhadapnya”.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli Carter and Usry (2006:11) menyebutkan bahwa “akuntansi biaya melengkapi manajemen dengan alat yang diperlukan untuk aktivitas-aktivitas perencanaan dan pengendalian, memperbaiki kualitas dan efisiensi, serta membuat keputusan-keputusan yang bersifat rutin maupun strategis”.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli Armanto Witjaksono (2006:45) dalam Siti Nurhasanah (2008:8) “akuntansi biaya melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian”. Perencanaan di sini berarti memilih objek yang hendak dicapai dan cara-cara untuk mencapainya. Perencanaan dalam akuntansi biaya membantu manajemen dalam menetapkan anggaran (budget), dan biaya yang ditentukan di muka (predetermined cost).

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli

 

Sejalan dengan makin meningkatnya kebutuhan pihak manajemen perusahaan akan informasi keuangan, maka keberadaan akuntansi biaya dalam memperoleh data yang relevan sangat dibutuhkan. Hal ini mendorong semakin berkembangnya akuntansi biaya agar dapat memberikan sumbangan yang  lebih berarti bagi yang membutuhkan.

Pengendalian berarti mengarahkan kegiatan-kegiatan sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang direncanakan. Pengendalian berhubungan dengan masa sekarang, dengan membandingkan hasil yang dicapai dengan budget yang telah ditetapkan sebelumnya dan bila terjadi penyimpangan dilakukan tindakan perbaikan atas penyimpangan tersebut. Selain itu, akuntansi biaya menyediakan informasi mengenai pendapatan dan biaya yang berbeda yang dapat berasal dari tindakan-tindakan alternatif. Berdasarkan informasi ini, manajemen membuat keputusan-keputusan jangka pendek dan jangka panjang mengenai memasuki pasar baru, mengembangkan produk baru, menghentikan produk individual atau seluruh lini produk, membeli atau membuat sendiri suatu komponen yang diperlukan oleh suatu produk, serta membeli atau melakukan sewa guna usaha (leasing) (Carter and Usry, 2006:15).

Sering Di Baca :  Strategi Dalam Penetapan Harga

 

Kesimpulan Pengertian akuntansi biaya adalah :
 
Dari ketiga definisi di atas, dapat disimpulkan yang dimaksud dengan akuntansi biaya adalah proses mengidentifikasi, mendefinisikan, mengukur, melaporkan, dan menganalisis berbagai unsur biaya untuk menyajikan biaya produksi barang atau jasa dengan cara tertentu disertai penafsirannya untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian, untuk memperbaiki kualitas dan efisiensi, serta membuat keputusan-keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.

Tujuan akuntansi biaya menurut Bastian dan Nurlela (2009:11) adalah menyajikan informasi biaya yang akurat dan tepat bagi manajemen dalam mengelola perusahaan atau defisi secara efektif. Oleh karena itu, perlu dikelompokkan sesuai dengan tujuan apa informasi biaya tersebut digunakan, sehingga   dalam   pengelompokkan   biaya   dapat   digunakan   suatu  konsep ”different cost different purpose” artinya berbeda biaya berbeda tujuan.

Selanjutnya adalah klasifikasi umum biaya dan jenis-jenis metode dalam akuntansi biaya menurut Garrison and Noreen (2006) dan Carter and Usry (2006).

Demikian Pengertian atau definisi akuntansi biaya, semoga bermanfaat

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: