Pengertian Deposito Tujuan Macam dan Fungsi

Pengertian Deposito, Tujuan Deposito, Macam macam Deposito, Jenis Jenis Deposito, Fungsi Deposito.

Pengertian Deposito

Seperti kita ketahui bahwa salah satu aktivititas perbankan dalam usaha untuk mengumpulkan dana adalah mengarahkan aktivitas deposito.

Dimana orang yang menyimpan uang dalam bentuk deposito ini dikenal dengan deposan.

Pengertian Deposito

Simpanan deposito di Bank lazimnya di letakkan pada persyaratan jangka waktu pengambilannya.

Dengan deposito ini pihak bank akan lebih mudah memberikan kredit kepada masyarakat yang memerlukan kredit.

Bagi masyarakat yang akan menyimpan uangnya dalam bentuk deposito, akan lebih baik mengerti dahulu tentang deposito itu sendiri.

Maka dari itu perlu dikemukakan atau diartikan beberapa definisi dari deposito,  yaitu :

1 Menurut Undang-undang RI No.10 tahun 1998 tentang Perbankan Bab I Pasal 1 ayat 7, yang dimaksud dengan

Pengertian deposito adalah “ Simpanan pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan dengan jangka waktu tertentu menurut perjanjian antara pihak ketiga dengan bank atau  berdasarkan perjanjian deposan dengan pihak bank“.

2 Sedangkan menurut Muchdarsyah Sinungan (1999:90).

Pengertian deposito adalah “Simpanan dana pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dalam jangka waktu tertentu menurut perjanjian antara pihak ketiga dengan bank yang bersangkutan”.

Kesimpulan Pengertian Deposito

Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa deposito adalah merupakan salah satu faktornya yang cukup besar pengaruhnya terhadap aktivitas perbankan dan merupakan salah satu sumber dana pembiayaan, operasionalnya yang disalurkan lewat kredit untuk membantu permodalan para pengusaha yang melakukan investasi.

Baca Juga :

Jenis Jenis Bank

 

Tujuan Deposito

Adapun tujuan deposito menurut Hasymi Ali (1995;167), adalah sebagai berikut :
Tujuan deposito dapat ditinjau dari dua segi, yaitu bank dan segi dana.

  • Ditinjau dari segi bank adalah merupakan salah satu kegiatan bank untuk mengumpulkan dana yang berlebihan dan tidak dikonsumsikan yang terdapat dalam masyarakat, dana yang dikumpulkan ini sangat diperlukan oleh bank dalam menunjang kegiatan pokok yang berupa pemberian kredit kepada masyarakat.
  • Ditinjau dari segi dana adalah merupakan aktivitas yang terdapat dalam negara, maka tujuan utamanya adalah untuk lebih memanfaatkan perkreditan serta dana-dana dari kalangan masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan stabilitas ekonomi di dalam tujuan ini ditekankan pada dana tersebut hendaknya dari masyarakat.
Sering Di Baca :  Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Baca Juga :

Pengertian Bank

 

Macam macam Deposito / Jenis Jenis Deposito

Menurut Hasymi Ali (1995;170). mengatakan sebagai berikut : bahwa deposito ada tiga yaitu :

  • Time deposit adalah deposito yang terikat oleh waktu yang telah ditentukan apabila waktu yang ditentukan itu telah habis, maka deposan dapat mengambil lankah-langkah antara lain :
    Menarik simpanan deposito dari bank.
    Memperpanjang simpanan deposito dengan suatu periode tertentu yang diinginkan.
  • Deposito On Call adalah simpanan tetap berada di bank sebelum dibutuhkan oleh pemiliknya (deposan) apabila penyimpanan itu menarik simpanannya maka terlebih dahulu harus memberitahukan kepada bank, tergantung pada perjanjian antara penyimpan dengan bank, ( biasanya jangka waktunya pendek ).
  • Demand Deposit (Rekening Koran Giro), adalah penyimpan atau deposan dapat menyimpan atau menarik dananya setiap saat, kapan deposan menghendaki.

Fungsi Deposito

Fungsi deposito merupakan salah satu alat untuk mengumpulkan dana dari masyarakat dan sangat berguna sekali untuk pemanfaatan perkreditan bagi bank.

Maka fungsi deposito mempunyai peranan penting, hal ini disebabkan karena deposito merupakan salah satu sarana bagi bank untuk mengerahkan dana dari masyarakat.

Dimana nantinya oleh bank akan dimanfaatkan kembali dan disalurkan dalam bentuk kredit kepada masyarakat ataupun berupa produk-produk bank yang lain.

Dengan demikian berarti deposito merupakan juga suatu cara untuk mengatur kehidupan perekonomian.

Menurut Faisal Atih (1996:66), deposito ditinjau dari kepentingan bank itu sendiri mempunyai tiga aspek, yaitu :

1. Ditinjau dari segi bank

  • Merupakan salah satu bentuk usaha bank untuk menghimpun dana dari masyarakat atau badan hukum, sebagai penambah modal guna menunjang usaha perbankan khususnya dibidang perkreditan dengan memberikan suatu rangsangan berupa suku bunga deposito.

2. Ditinjau dari segi para deposan

  • Dengan menggunakan uangnya, maka akan diperoleh kontra prestasi secara langsung atau keuntungan yang berupa bunga dari bank yang bersangkutan. Adanya kebijaksanaan 1 Juni 1993 yang menyangkut perubahan bunga dari deposito yang bertujuan memberikan kebebasan kepada bank-bank untuk menentukan tingkat suku bunga.
Sering Di Baca :  Pengertian Suku Bunga Berbagai Ahli

3. Ditinjau dari segi perkembangan ekonomi

  • Fungsi deposito dalam menyalurkan dananya kepada masyarakat dalam usahanya untuk meningkatkan hasil atau mengadakan ekspansi usaha dalam suatu perusahaan. sehingga memberikan kesempatan kerja yang luas dan juga akan meningkatkan tingkat pendapatan nasional dan juga meningkatkan kemakmuran rakyat. Bila dana masyarakat terhimpun oleh bank dan disalurkan dalam kredit, digunakan untuk ekspansi atau keperluan yang produktif, dapat menyebabkan meningkatkan pendapatan nasional dan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :

Pengertian Lembaga Keuangan

 

Bunga Deposito

Setiap nasabah dalam menanamkan dananya di bank selalu berharap uang yang disimpan tersebut aman dan menghasilkan bunga.

Bunga tersebut atau simpanan diatas oleh bank diberikan bunga yang sesuai dengan jenis simpanan yang berada pada bank yang bersangkutan.

Demikian pula dengan deposito disini disebut simpanan mahal dalam arti makin panjangnya waktu penyimpanan deposito, maka makin tinggi pula bunga yang diberikan pada simpanan tersebut.

Pada umumnya pembayaran bunga dikeluarkan oleh bank pada setiap tanggal satu tiap bulan menurut jangka waktu simpanannya, misalnya jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan .

Dalam pembayaran bunga deposito disini diperhitungkan menurut peraturan kebijaksanaan bunga deposito tersebut bisa didasari oleh beberapa hal antara lain :

  1. Lamanya simpanan akan jangka waktu penyimpanan dari dana masyarakat yang berbentuk deposito.
  2. Bunga deposito diberikan berdasarkan prosentase nilai nominal deposito.
  3. Pengambilan bunga deposito sesuai dengan kebijaksanaan pihak bank dan deposan.

Dalam hal ini jika simpanan-simpanan deposito dapat diambil sebelum jatuh tempo maka pihak bank akan menghitung bunga penyesuaian.

 

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: