Pengertian KAP, Auditor Eksternal, Audit Fees

Pengertian KAP, Auditor Eksternal, Audit Fees

Melalui artikel ini di harapkan pembaca dapat mengerti tentang :

Pengertian KAP

Pengertian Auditor Eksternal

Pengertian Audit Fees

 

Pengertian KAP

Kantor Akuntan Publik (KAP) adalah badan usaha yang telah mendapatkan izin usaha yang diatur dalam Pasal 1 angka 5 UU Nomor 5 tahun 2011, tentang Akuntan Publik dan izin dari Menteri Keuangan sebagai wadah bagi akuntan publik untuk memberikan jasanya.

Pengertian KAP

Pengertian Kantor Akuntan Publik


Bidang jasa KAP meliputi:

  • Jasa atestasi, termasuk didalamnya adalah audit umum atas laporan keuangan, pemeriksaan atas laporan keuangan prospektif,  pemeriksaan atas pelaporan informasi keuangan performa, review atas laporan keuangan, dan jasa audit serta atestasi lainnya.
  • Jasa non atestasi, yang mencakup jasa yang berkaitan dengan akuntansi, keuangan, manajemen, kompilasi, perpajakan, dan konsultasi.

Dalam hal pemberian jasa audit atas laporan keuangan, KAP hanya dapat memberikan pelayanan paling lama 6 (enam) tahun buku berturut-turut.

Badan usaha KAP dapat berbentuk:

  • Perseorangan: hanya dapat didirikan dan dijalankan oleh seorang akuntan publik yang juga bertindak sebagai pimpinan
  • Persekutuan perdata atau firma: hanya dapat didirikan oleh paling sedikit 2 orang  akuntan  dan/atau  75%  dari semua  sekutu  adalah  akuntan publik. Masing-masing sekutu disebut rekan (partner) dan salah seorang sekutu bersifat sebagai Pemimpin Rekan.
  • Bentuk usaha lain yang sesuai dengan karakteristik profesi akuntan publik, seperti yang diatur oleh Undang-Undang.

KAP dapat melakukan kerjasama dengan KAP atau organisasi audit asing. KAP dapat mencantumkan nama atau organisasi audit asing tersebut pada nama kantor, kepala surat, dokumen, dan media lainnya setelah mendapat persetujuan Menteri Keuangan. Penulisan huruf KAP atau organisasi audit tidak boleh melebihi besarnya huruf KAP.

Sering Di Baca :  Pengertian Kepercayaan Pelanggan

DeAngelo , menyimpulkan bahwa kantor akuntan publik yang lebih besar dapat diartikan kualitas audit yang dihasilkan pun lebih baik dibandingkan kantor akuntan publik yang kecil.

 

Karakteristik KAP besar menurut DeAngelo :

  1. Memiliki cabang atau korespodensi di 5 benua dan lebih  dari 50 negara.
  2. Melibatkan karyawan lebih dari 100    auditor di seluruh dunia.
  3. Diklasifikasikan sebagai bagian dari big six worldwide accounting.
  4. Auditor minimal lulusan sarjana (S1).
  5. Memiliki lebih dari 50 signing partner.
  6. Memiliki pendapatan secara internasional lebih dari 3 milyar dollar  dan pendapatan secara nasional mendekati 1 milyar dollar.

Kantor akuntan publik ini melalui beberapa kondisi dan merger antara kantor akuntan publik, akhirnya lebih dikenal dengan julukan The Big Four.

Di Indonesia, kantor akuntan publik besar lebih dikenal dengan nama The Big Four.

The Big Four adalah kelompok empat firma jasa profesional dan akuntansi internasional   terbesar, yang menangani mayoritas pekerjaan audit untu perusahaan publik maupun perusahaan tertutup.

The Big Four terdiri dari: Ernst & Young, Delloite Touche Tohmatsu, KPMG, dan PWC.

Dalam memilih mempekerjakan auditor untuk memberikan jasa audit, perusahaan memiliki pandangan, jika diaudit oleh kantor akuntan publik yang besar dan memiliki hubungan kerja sama dengan kantor akuntan publik asing, maka akan menghasilkan penilaian yang lebih baik dimata stakeholders dibandingkan bila diaudit oleh kantor akuntan publik.

 

Pengertian Auditor Eksternal

Auditor eksternal adalah profesi audit yang melakukan audit atas laporan keuangan dari perusahaan, pemerintah, individu, atau organisasi lainnya.

Eksternal auditor merupakan anggota kantor akuntan publik yang memberikan  jasa pada klien.

Sebagai auditor eksternal, auditor tersebut tidak memiliki keterikatan secara langsung terhadap perusahaan tersebut (independen).

Auditor melaksanakan tugasnya sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dan memberikan laporan yang menggambarkan kondisi perusahaan sebenarnya.

Sering Di Baca :  Manfaat Modal Kerja

Dalam melakukan audit, independensi mutlak harus dimiliki oleh seorang auditor.

Independensi artinya auditor tersebut tidak dapat dipengaruhi oleh hal-hal yang berada diluar tugasnya yang mencoba mempengaruhi untuk membiaskan  informasi perusahaan.

Mulyadi (2002), profesi akuntan publik menghasilkan berbagai macam jasa bagi masyarakat yang dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok: jasa assurance, jasa atestasi, jasa nonassurance.

Audit eksternal adalah audit yang dilaksanakan oleh  badan (independen) eksternal yang memenuhi syarat-syarat.

Selain itu, audit ekstenal juga merupakan pemeriksaan berkala terhadap pembukuan dan catatan dari suatu entitas yang dilakukan oleh pihak ketiga secara independen (auditor) untuk memastikan bahwa catatan-catatan telah diperiksa dengan baik, akurat, dan sesuai dengan konsep yang mapan, prinsip, standar akuntansi, persyaratan hukum, dan memberikan pandangan yang benar dan wajar dengan keadaan keuangan badan.

 

Pengertian Audit fees

Pengertian atau defisnisi audit fees menurut ahli :

Pengertian audit fees menurut Iskak

Audit fees adalah honorarium yang dibebankan oleh akuntan publik kepada perusahaan auditee atas jasa audit yang dilakukan akuntan publik terhadap laporan keuangan.

Pengertian audit fees menurut DeAngelo

Audit fees adalah pendapatan yang besarnya bervariasi karena tergantung dari beberapa penugasan audit seperti ukuran perusahaan klien, kompleksitas jasa audit, serta nama Kantor Akuntan Publik yang melakukan jasa audit.

Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menerbitkan Surat Keputusan No. KEP.024/IAPI/VII/2008 pada tanggal 2 Juli 2008 tentang  kebijakan penentuan audit fees.

Pada Lampiran I, dijelaskan bahwa panduan dikeluarkan sebagai panduan seluruh anggota IAPI yang menjalankan praktik sebagai akuntan publik dalam menetapkan besaran imbalan yang wajar atas jasa professional yang diberikannya.

Lebih lanjut lagi, dijelaskan bahwa dalam menetapkan imbalan jasa yang wajar sesuai dengan martabat profesi akuntan publik dan dalam jumlah yang pantas untuk dapat memberikan jasa sesuai dengan tuntutan standar professional akuntan publik yang berlaku.

Sering Di Baca :  Pengertian BUMN, Fungsi, Jenis, Peran dan Bentuknya

Imbalan jasa yang terlalu rendah atau secara signifikan jauh lebih  rendah dari yang dikenakan oleh auditor atau akuntan terdahulu atau dianjurkan oleh auditor atau akuntan lain, akan menimbulkan keraguan mengenai  kemampuan atau kompetensi anggota dalam menerapkan standar teknis dan standar operasional yang berlaku.

Pengertian Audit Fees Menurut Simunic

Audit fees ditentukan oleh besar kecilnuya perusahaan yang diaudit (client size), risiko audit (atas dasar current ratio, quick ratio, D/E, litigation risk, dan kompleksitas audit (subsidiares foreign listed).

Pengertian Audit Fees Menurut Sankaraguruswamy et al.

Audit fees adalah pendapatan yang besarnya bervariasi tergantung dari beberapa faktor dalam penugasan audit seperti, ukuran perusahaan klien (client size), ukuran KAP, keahlian aduitor tentang industri (industry expertise), dan efisiensi yang dimiliki oleh auditor (technological efficiency of auditors).

Demikian artikel Pengertian Kantor Akuntan Publik KAP, Auditor Eksternal, Audit Fees, definisi Pengertian Kantor Akuntan Publik KAP, Auditor Eksternal, Audit Fees menurut ahli.

Semoga bermanfaat

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: