Pengertian Modal Kerja Menurut Ahli

Pengertian Modal Kerja Menurut Ahli – Setiap perusahaan perlu menyediakan modal kerja yang akan digunakan untuk membiayai aktivitas sehari-hari, misalnya untuk membeli bahan baku, membayar upah  buruh, membayar hutang dan lain-lain. Modal kerja merupakan salah satu bagian dari asset yang ada dalam perusahaan.
Modal merupakan faktor yang sangat  penting  dalam perusahaan. Perusahaan memiliki kebutuhan modal yang berbeda-beda tergantung jenis usaha yang dijalankan. Sejumlah dana yang telah dikeluarkan untuk membiayai operasi perusahaan tersebut diharapkan akan dapat kembali lagi dalam jangka pendek melalui hasil penjualan barang dagangan atau barang produksinya

Pengertian modal kerja menurut Irawati (2006; 89)  yaitu:

“Modal  kerja  merupakan  investasi  perusahaan  dalam  bentuk  aktiva  lancar    atau current assets”.

Pengertian modal kerja menurut Martono (2010; 72)  yaitu:

“Dana yang dipergunakan untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari- hari”.

Jadi berdasarkan uraian di atas, modal kerja merupakan salah  satu  unsur  yang  sangat penting dalam perusahaan. Karena tanpa modal kerja perusahaan tidak memenuhi kebutuhan dana untuk menjalankan aktivitasnya.

Indikator Modal Kerja
Variabelnya adalah modal kerja. Menurut Sutrisno (2012; 242) untuk menghitung modal kerja menggunakan rumus sebagai  berikut:

Indikator Modal Kerja

Konsep variabel dari modal kerja yaitu selisih antara aktiva lancar dan pasiva lancar perusahaan. Ridwan S. Sunjaja (2003; 186).

Pentingnya Modal Kerja
Menurut Darsono (2006; 120) modal kerja sangat penting bagi perusahaan. Perusahaan yang tidak memiliki kecukupan modal kerja akan sangat sulit untuk  menjalankan kegiatannya, atau akan macet operasinya. Tanpa modal  kerja  yang  cukup, suatu perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan. Besarnya modal kerja tergantung pada jenis bisnis, tetapi pada umumnya nilai modal kerja suatu perusahaan kira-kira lebih dari 50% dari jumlah harta, maka perlu pengelolaan yang serius.

Sering Di Baca :  Faktor yang Mempengaruhi Modal Kerja

Khususnya bagi perusahaan kecil, modal kerja sangat penting karena mereka sulit memperoleh sumber pembiayaan dari pasar modal dan pasar uang. Perusahaan kecil harus membiayai kegiatan bisnis dari modal sendiri karena belum memperoleh kepercayaan dari pihak lain.
Perkembangan pertumbuhan penjualan berkaitan erat dengan  kebutuhan  modal kerja. Perusahaan yang sedang tumbuh ia banyak melakukan kegiatan terutama kegiatan produksi dan pemasaran. Kedua jenis kegiatan ini memerlukan modal kerja yang cukup. Perusahaan  yang tumbuh berkembang tanpa didukung oleh modal kerja yang kuat, ia akan kembali layu dan akhirnya mati. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa modal kerja adalah “ruh” atau energi internal yang menggerakan seluruh kegiatan  perusahaan.

Demikian pengertian modal kerja, Indikator modal kerja dan pentingnya modal kerja, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah membaca pengertian modal kerja , indikator modal kerja dan pentingnya modal kerja untuk perusahaa.

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: