Pengertian Modal Menurut Ahli

Pengertian Modal Menurut Ahli

Pengertian Modal Menurut Ahli

Pengertian Modal Menurut Ahli – Setiap perusahaan tentu akan membutuhkan modal untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan sehari-hari baik untuk investasi ataupun  keperluan  lainnya. Besarnya modal yang diperlukan berbeda sesuai dengan besar kecilnya skala perusahaan. Modal dapat memiliki pengertian yang beragam, hal tersebut tergantung kepada sudut pandang pihak yang menafsirkannya.

Pengertian Modal Menurut Darsono (2006; 151) pengertian modal adalah sebagai berikut  :

“Modal lazim disebut kapital, yaitu sesuatu yang digunakan untuk mencari keuntungan. Tanpa kapital (modal) kegiatan bisnis tidak dapat berjalan  lancar.”

Sementara itu Pengertian Modal Menurut Bambang Riyanto (2001; 19) menyatakan  :

“Modal yang menunjukan bentuknya adalah apa yang disebut modal  aktif. Sedangkan modal yang menunjukan sumbernya atau asalnya ialah apa yang disebut modal pasif.”

Penjelasan mengenai modal aktif dan modal pasif tersebut adalah sebagai berikut  :

Modal Aktif adalah modal yang tertera di sebelah debet dari neraca yang menggambarkan bentuk-bentuk dimana seluruh dana yang diperoleh perusahaan ditanamkan. Modal aktif dibagi dua, yaitu :

  • Modal Aktif adalah didasarkan cara dan lamanya perputaran dapat dibedakan antara lain :
  1. Aktiva Lancar yaitu aktiva yang habis dalam satu kali berputar dalam proses produksi dan proses perputaran dalam jangka waktu pendek (umumnya  kurang dari 1 tahun).
  2. Aktiva Tetap yaitu aktiva yang tahan lama yang tidak atau secara berangsur- angsur habis, turut serta dalam proses perputarannya dalam jangka waktu panjang (lebih dari satu tahun).
  • Modal Aktif berdasarkan fungsi bekerjanya aset dalam perusahaan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
  1. Modal Kerja (working capital), yaitu jumlah keseluruhan aktiva lancar atau kelebihan dari aktiva lancar di atas utang lancar.
  2. Modal Tetap adalah jumlah keseluruhan aktiva  tetap.
Sering Di Baca :  Klasifikasi Dan Perputaran Modal Kerja

Modal Pasif adalah modal yang tertera di sebelah kredit dari neraca yang menggambarkan sumber-sumber dari mana dana  diperoleh.

  • Modal Pasif berdasarkan asalnya dibedakan menjadi  :
  1. Modal Sendiri adalah modal yang berasal dari pemilik modal perusahaan itu sendiri dari hasil usahanya (saldo laba), atau berasal dari pengambilan  bagian, persero atau pemilik (modal saham, persero, dan  lain-lain).
  2. Modal Asing adalah modal yang berasal dari kreditur  (hutang).
  • Modal Pasif berdasarkan lamanya penggunaan dibedakan menjadi modal jangka panjang dan modal jangka pendek. Penggunaan modal pasif didasarkan pada  :
  1. Syarat likudititas yang terdiri dari modal jangka panjang dan modal jangka pendek.
  2. Syarat solvabilitas yang terdiri dari modal asing dan modal  sendiri.
  3. Syarat rentabilitas yang terdiri dari modal dengan pendapatan tidak tetap (modal saham).

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengertian Modal merupakan sumber kekayaan yang masih ada dalam perusahaan dan digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan pendapatan atau  laba.

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: