Pengertian Pendidikan dan Pelatihan

Melalui artikel Pendidikan dan Pelatihan ini di harapkan pembaca dapat memahami tentang :

Apa itu pendidikan dan pelatihan ?

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang bermutu dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, maka salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan program pendidikan dan  pelatihan.

Pendidikan dan pelatihan merupakan upaya untuk pengembangan sumber daya manusia.

Pengembangan sumber daya manusia pada suatu organisasi akan melibatkan berbagai faktor, seperti:

  • Pendidikan dan pelatihan
  • Perencanaan dan manajemen karir
  • Peningkatan kualitas dan produktivitas kerja
  • Serta peningkatan kesehatan dan keamanan kerja.

Pendidikan dan pelatihan perlu dilaksanakan oleh setiap perusahaan secara berkesinambungan, agar tenaga kerja yang dimiliki benar-benar bermutu, tepat dan mempunyai keahlian serta keterampilan yang sesuai tuntutan pekerjaannya.

Di samping itu perkembengan lingkungan internal maupun lingkungan eksternal yang selalu berubah,yang mengakibatkan kesenjangan antara tuntutan perusahaan atau pekerjaan dengan kemampuan tenaga kerja, juga merupakan salah satu penyebab kebutuhan pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan.

 

Pengertian Pendidikan dan Pelatihan

Program pendidikan dan pelatihan dirancang untuk mendapatkan kualitas sumber daya manusia yang baik dan siap untuk berkompetisi di pasar.

Berikut ini definisi dari pendidikan dan pelatihan :

1. Menurut Yuniarsih dan Suwatno (2008:133) :

“Pendidikan dan Pelatihan merupakan penciptaan suatu lingkungan dimana para pegawai dapat memperoleh atau mempelajari sikap, kemampuan, keahlian, pengetahuan dan perilaku yang spesifik yang berkaitan dengan pekerjaan”.

2. Menurut Poerwono (2002:83) :

“Melalui pendidikan dan pelatihan dimaksudkan untuk pembinaan dalam proses pengembangan manusia, dimana manusia itu belajar untuk berfikir sendiri dan mendorong untuk pengembangannya suatu perkembangan dasar yang ada padanya. Sementara pelatihan adalah suatu latihan kecakapan, kemahiran, ketangkasan dalam melaksanakan tugasnya”.

Sering Di Baca :  Materi Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

3. Menurut Bella dalam Hasibuan (2008:70) :

“Pendidikan dan latihan sama dengan pengembangan yaitu merupakan proses peningkatan keterampilan kerja, baik teknis maupun manajerial. Pendidkan berorientasi pada teori, dilakukan di dalam kelas, berlangsung lama, dan biasanya menjawab why. Latihan berorientasi pada praktek, dilakuakan di lapangan, berlangsung singkat, dan biasanya menjawab how”.

Dari definsi diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan pelatihan memang tidak dapat dipisahkan.

Pengertian Pendidikan dan pelatihan adalah unsur sentral dalam pengembangan karyawan dan selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan, kecakapan, dan sikap pegawai yang lebih menekankan pada aspek teknis dan konseptual

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: