Pengertian Penggabungan Usaha

Penggabungan Usaha :

Pengertian Penggabungan usaha merupakan salah satu cara restrukturisasi perusahaan agar sinergi. Dalam penggabungan usaha ini beberapa unit perusahaan yang  secara ekonomis berdiri sendiri menyatukan diri menjadi satu kesatuan ekonomis meski secara hukum dapat saja unit-unit tersebut berdiri sendiri.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) dalam pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No. 22, 2007)   mendefinisikan Pengertian penggabungan usaha adalah bentuk penyatuan dua perusahaan atau lebih yang terpisah menjadi satu entitas ekonomi karena satu perusahaan menyatu dengan perusahaan lain ataupun memperoleh kendali atau kontrol atas aktiva dan operasi perusahaan lain.

Berdasarkan definisi-definisi tersebut, dapat disimpulkan :

Pengertian penggabungan usaha adalah aktivitas perluasan usaha yang dilakukan dengan cara menggabungkan suatu perusahaan dengan satu atau beberapa perusahaan lain ke dalam satu kesatuan ekonomi sebagai upaya untuk memperluas usaha.

 

Penggabungan Usaha, Merger, Akuisisi

Penggabungan Usaha, Merger, Akuisisi

Alasan-alasan penggabungan usaha :

Jika perluasan adalah sasaran utama dari perusahaan, mengapa usaha diperluas melalui penggabungan dan bukan dengan melakukan kontruksi fasilitas-fasilitas baru ? Beberapa alasan yang mungkin untuk memilih penggabungan usaha sebagai alat perluasan adalah :

  1. Manfaat biaya (Cost Adventage) : Seringkali lebih murah bagi perusahaan untuk memperoleh fasilitas yang dibutuhkan melalui pengembangan. Hal ini benar, terutamma pada periode inflasi.
  2. Risiko lebih rendah (Lower Risk) : Membeli lini produk dan pasar yang telah didirikan biasanya lebih kecil risikonya dibandingkan dengan mengembangkan produk baru dan pasarnya. Penggabungan usaha kurang berisiko terutama  ketika tujuannya adalah diversifikasi.
  3. Penundaan operasi pengurangan (Fewer Operating Delays) Fasilitas-fasilitas pabrik yang diperoleh melalui penggabungan usaha dapat diharapkan untuk segera beroperasi dan memenuhi peraturan yang berhubungan dengan lingkungan dan peraturan pemerintah yang
  4. Mencegah Pengambilalihan (Avoidance of Takeovers) : Beberapa perusahaan bergabung untuk mencegah pengakuisisian diantara mereka. Karena perusahaan-perusahaan yang lebih kecil cenderung lebih mudah diserang untuk diambil alih, beberapa diantara mereka memakai strategi pembeli yang agresif sebagai pertahanan terbaik melawan usaha pengambilalihan oleh perusahaan lain. Perusahaan-perusahaan rasio hutang terhadap ekuitas yang tinggi biasanya bukan merupakan calon  pengambilalih yang menarik.
  5. Akuisisi harta tidak berwujud (Acquisition of Intangible Assets) : Penggabungan usaha melibatkan penggabungan sumber daya tidak berwujud maupun
Sering Di Baca :  Pengertian Traditional Costing Method

 

Motivasi-motivasi penggabungan usaha :

Ada beberapa alasan yang memotivasi terjadinya merger dan akuisisi diantaranya, yaitu :

  1. Untuk meningkatkan kekuatan pasar,
  2. Mengatasi hambatan untuk masuk dalam suatu industri,
  3. Menambah diversifikasi dan menghindari kompetisi yang  berlebihan,
  4. Menghemat  biaya,
  5. Mengurangi  risiko  pengembangan  produk baru,
  6. Pengurangan penundaan operasi,
  7. Mencegah pengambilalihan (advoince of take overs),
  8. Akusisi harta tidak berwujud,
  9. Untuk meringankan pajak,
  10. Serta bisa  pula karena faktor keinginan psikologis dari pihak eksekutif perusahaan.

 

Teori Penggabungan Usaha :

Adapun beberapa teori yang dapat menjelaskan motivasi yang melatarbelakangi terjadinya suatu penggabungan usaha (Lani Dharmasetya dan Vonny Sulaimin, 2009) antara lain :

1, Teori efisiensi

Menurut teori ini, merger dapat meningkatkan efisiensi, karena akan menjadikan sinergi yang secara sederhana diartikan sebagai 2+2=5, yaitu konsep dalam ilmu ekonomi yang mengatakan gabungan faktor-faktor yang komplementer akan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

2. Teori diversifikasi

Dengan memiliki bidang usaha yang beraneka ragam, maka suatu perusahaan dapat menjaga stabilitas pendapatannya.

3. Teori kekuatan pasar

Keinginan untuk meningkatkan pangsa pasar (market share) juga dapat menjadi salah satu motivasi terjadinya suatu merger. Penggabungan dua atau lebih perusahaan yang sebelumnya saling bersaing menjual produk yang sama, secara teoritis akan meningkatkan penguasaan pangsa pasar secara berlipat ganda.

4. Teori keuntungan pajak

Keuntungan di bidang perpajakan melalui pengurangan kewajiban pembayaran pajak dapat menjadi motivasi yang melatarbelakangi suatu merger.

5. Teori undervaluation

Penilaian harta yang lebih rendah dari harga sebenarnya pada suatu perusahaan akan mendorong minat perusahaan lainnya untuk menggabungkan perusahaan yang pertama ke dalam  perusahaannya melalui merger.

6. Teori prestise

Meskipun sulit untuk diterima secara logika, namun kenyataannya banyak merger dilakukan bukan karena motivasi ekonomis, melainkan karena motivasi ingin meningkatkan prestise.

Sering Di Baca :  Jurnal Penyesuaian Dan Contohnya

 

Pengertian Istilah Penggabungan Usaha :

Pengertian Merger merupakan salah satu strategi yang diambil perusahaan untuk mengembangkan dan menumbuhkan perusahaan. Menurut Foster (1986: 460) Pengertian merger adalah penggabungan usaha dari dua perusahaan atau lebih, tetapi salah satu nama perusahaan masih tetap digunakan, sedangkan yang lain melebur menjadi satu kesatuan hukum.

Pengertian Akuisisi berasal dari kata acquisition (Latin).

  • Secara harfiah Pengertian akuisisi  adalah membeli atau mendapatkan sesuatu untuk ditambahkan pada sesuatu yang telah dimiliki sebelumnya.
  • Pengertian Akuisisi adalah pembelian perusahaan lain dengan cara membeli saham atau aktiva perusahaan lain (Foster, 1986: 460).
  • Berdasarkan PSAK  No.22  (IAI,  2007)  Pengertian akuisisi  adalah suatu penggabungan usaha dari dua perusahaan atau lebih dan salah satu perusahaan, yaitu pengakuisisi memperoleh kendali atas aktiva neto dan operasi perusahaan yang diakuisisi dengan memberikan aktiva tertentu, mengakuisisi suatu kewajiban, atau dengan mengeluarkan saham.

Demikian artikel tentang penggabungan usaha.

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: