Pengertian Perancangan Sistem Berbagai Sumber

Pengertian Perancangan Sistem Menurut Para Ahli

Perancangan adalah penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi (Syifaun Nafisah, 2003 : 2).

Perancangan sistem dapat dirancang dalam bentuk bagan alir sistem (system flowchart), yang merupakan alat bentuk grafik yang dapat digunakan untuk menunjukan urutan-urutan proses dari sistem.

Pengertian Perancangan Sistem

Pengertian Perancangan Sistem Menurut Para Ahli :

1. Pengertian Perancangan Verzello / John Reuter III

Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem : Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi : “menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk .

2.  Pengertian Perancangan John Buch & Gary Grudnitski

Desain sistem dapat didefinisikan sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.

3.  Pengertian Perancangan George M. Scott

Desain sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan ; tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem, sehingga setelah instalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancang bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap analisis system.

Pada saat hendak membuat sebuah sistem yang akan digunakan pada suatu perusahaan, setiap pengembang aplikasi diharuskan membuat sebuah rancangan dari sistem yang ingin dibuat.

Rancangan ini bertujuan untuk memberi gambaran umum dari sistem yang akan berjalan nantinya kepada setiap stakeholder.

Terdapat pula beberapa teori mengenai pengertian perancangan sistem :

Pengertian Perancangan Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Perancangan Sistem Menurut Satzinger, Jackson, dan Burd (2012:5),

  • perancangan sistem adalah sekumpulan aktivitas yang menggambarkan secara rinci bagaimana sistem akan berjalan. Hal itu bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan user.
Sering Di Baca :  Pengendalian Fungsi Produksi

Pengertian Perancangan Sistem Menurut Kenneth dan Jane (2006:G12) menjelaskan bahwa :

  • perancangan sistem adalah kegiatan merancang detil dan rincian dari sistem yang akan dibuat sehingga sistem tersebut sesuai dengan requirement yang sudah ditetapkan dalam tahap analisa sistem.

Pengertian Perancangan Sistem Menurut O’Brien dan Marakas (2009:639) menjelaskan bahwa :

  • perancangan sistem adalah sebuah kegiatan merancang dan menentukan cara mengolah sistem informasi dari hasil analisa sistem sehingga dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna termasuk diantaranya perancangan user interface, data dan aktivitas proses.

Pengertian Perancangan Sistem Menurut Bentley dan Whitten (2009:160) melalui buku yang berjudul “system analysis and design for the global enterprise” juga menjelaskan bahwa :

  • Perancangan sistem adalah teknik pemecahan masalah dengan melengkapi komponen-komponen kecil menjadi kesatuan komponen sistem kembali ke sistem yang lengkap. Teknik ini diharapkan dapat menghasilkan sistem yang lebih baik.

Pengertian Perancangan Sistem Menurut bin Ladjamudin, A. (2005: 39) dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, menjelaskan bahwa:

  • Perancangan (design) memiliki tujuan untuk men-design sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang terbaik. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perancangan ini meliputi perancangan output, input, dan file.

Pengertian Perancangan Menurut Jogiyanto H. M. (2005: 179) dalam bukunya yang berjudul Analisis & Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem;
  2. pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional;
  3. persiapan untuk rancang bangun implementasi;
  4. menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk;
  5. yang dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa, atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi;
  6. termasuk menyangkut mengkonfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem.
Sering Di Baca :  Distribusi Laba untuk Pemilik Dana

Kesimpulan  :

Berdasarkan kedua definisi di atas, dapat disimpulan bahwa perancangan sistem adalah proses perencanaan untuk merancang suatu sistem baru atau memperbaiki suatu sistem yang telah ada sehingga sistem tersebut menjadi lebih baik dan biasanya proses ini terdiri dari proses merancang input, output dan file.

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: