Prosedur Pembebanan Biaya Dua Tahap

Prosedur Pembebanan Biaya Dua Tahap – Pembebanan biaya dua tahap (two stage cost assigment) membebankan biaya sumber daya seperti biaya overhead pabrik ke pusat biaya aktivitas atau tempat penampungan biaya dan kemudian ke objek biaya untuk menentukan jumlah biaya sumber daya bagi setiap objek biaya.

Sistem perhitungan biaya berdasarkan tradisional membebankan biaya overhead pabrik pertama, ke tempat penampungan biaya departemen atau pabrik, dan kedua ke produk atau jasa.

Meskipun demikian, prosedur pembebanan biaya tradisional kemungkinan mendistorsi biaya produk atau jasa. Distorsi akan semakin serius khususnya ketika bagian yang penting dari biaya overhead pabrik tidak terkait dengan volume output dan perusahaan memproduksi produk  dengan kombinasi yang beragam dengan perbedaan pada volume, ukuran, atau kompleksitas.

Prosedur dua tahap traditional costing method dapat di lihat dalam gambar berikut ini:

Prosedur Pembebanan Biaya Dua Tahap

Sistem activity based costing (ABC) berbeda dari sistem perhitungan biaya tradisional dalam hal menelusuri penggunaan sumber daya pada aktivitas dan mengaitkan biaya aktivitas pada produk, jasa, atau pelanggan (Blocher, 2006:224).

  • Tahap pertama membebankan biaya overhead pabrik ke aktivitas atau pusat biaya aktivitas.
  • Tahap kedua membebankan biaya dari aktivitas atau tempat penampungan biaya aktivitas ke objek biaya dengan menggunakan penggerak biaya konsumsi aktivitas yang tepat yang mengukur permintaan objek biaya yang ditempatkan pada aktivitas atau tempat penampungan aktivitas.

Prosedur alokasi dua tahap dalam ABC mengidentifikasi  dengan  jelas  biaya-biaya  dari  aktivitas  suatu  perusahaan. Pembebanan biaya aktivitas ke objek biaya menggunakan suatu ukuran atau ukuran-ukran  yang  mencerminkan  permintaan  objek  biaya  atas     aktivitas perusahaan.

Dengan demikian, ABC melaporkan biaya produk atau jasa dengan lebih akurat dibandingkan dengan sistem biaya tradisional.

Sering Di Baca :  Strategi Dalam Penetapan Harga

Prosedur dua tahap ABC dapat di lihat dalam gambar di bawah ini:

Prosedur Pembebanan Biaya Dua Tahap

Demikian artikel pemahaman tentang Prosedur Pembebanan Biaya Dua Tahap, semoga bermanfaat.

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: