Sumber Modal Kerja

Sumber Modal Kerja – Modal yang berasal dari sumber intern adalah modal atau dana yang dibentuk atau dihasilkan sendiri di dalam perusahaan.  Sumber intern atau sumber dana  yang dibentuk  atau dihasilkan sendiri di dalam perusahaan adalah laba ditahan, penyusutan (depresiasi). Modal yang berasal dari sumber ekstern adalah sumber yang berasal dari luar perusahaan. Yang merupakan sumber ekstern perusahaan adalah supplier , bank dan pasar modal.

Sumber Modal Kerja

Sumber Modal Kerja

Bambang Riyanto (2001; 209)

 

Sumber Modal Kerja

Munawir (2000; 120) mengemukakan bahwa pada umumnya sumber modal kerja suatu perusahaan dapat berasal dari :

  1. Hasil operasi perusahaan, adalah net income yang nampak dalam  laporan  perhitungan laba rugi.
  2. Keuntungan dari penjualan surat-surat berharga (investasi jangka pendek) yakni keuntungan yang diperoleh dari penjualan. Surat berharga ini merupakan suatu sumber untuk bertambahnya modal kerja, sebaliknya apabila dalam penjualan tersebut terjadi kerugian maka akan menyebabkan berkurangnya modal  kerja.
  3. Penjualan aktiva tidak lancar yakni sumber lain yang dapat menambah modal kerja adalah hasil penjualan aktiva tetap, investasi jangka panjang, dan aktiva tidak lancar lainnya yang tidak diperlukan lagi oleh  perusahaan. Apabila dari hasil penjualan aktiva tetap atau aktiva tidak lancar lainnya ini tidak segera digunakan untuk mengganti aktiva yang bersangkutan, akan menyebabkan aktiva lancar sedemikian besarnya sehingga melebihi jumlah modal kerja yang dibutuhkan (adanya moda kerja yang berlebih).
  4. Penjualan saham atau obligasi yakni untuk menambah dana modal kerja yang dibutuhkan, perusahaan dapat pula mengadakan emisi saham baru atau meminta kepada para pemilik perusahaan untuk menambah modalnya, di samping itu perusahaan dapat juga mengeluarkan obligasi atau bentuk hutang jangka panjang lainnya guna memenuhi kebutuhan modal  kerjanya.
  5. Memperoleh pinjaman yakni memperoleh pinjaman dari kreditor (bank  atau  lembaga lain), terutama pinjaman jangka pendek, khusus untuk pinjaman jangka panjang juga dapat digunakan, hanya saja pinjaman jangka panjang biasanya digunakan untuk kepentingan investasi.
  6. Dana hibah yakni perolehan dana hibah dari berbagai lembaga, ini juga dapat digunakan sebagai modal kerja. Dana hibah biasanya tidak dikenakan beban biaya sebagaimana pinjaman dan tidak ada kewajiban  pengembalian.
Sering Di Baca :  Pengertian Modal Kerja Menurut Ahli

Demikian artikel sumber modal kerja perusahaan, semoga bermanfaat.

Frenky

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang tak mengerti alasannya.

Menarik Lainya...

1 Response

  1. ALEXANDER ROBERT berkata:

    Are you looking for loan personal loan or business loan contact us at alexanderrobertloan@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: